Headlines News :
Home » , , , » PKS Graha Dilalap Api, Kerugian Capai 1 Milyar

PKS Graha Dilalap Api, Kerugian Capai 1 Milyar

Written By Admin on Rabu, 25 Maret 2009 | 06.19

Rabu, 25/03/2009 Infojambi.com

BANGKO – Malang tak bisa dielakkan. Itulah yang dialami Pabrik Kelapa Sawit milik PT Graha Cipta Karya Bangko. Pabrik yang terletak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pamenang itu, Selasa (24/3) sekitar pukul 10.00 WIB terbakar.



Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian perusahaan ditaksir mencapai milyaran rupiah. Informasi yang berhasil dihimpun infojambi.com, saat itu menjelang pukul 10.00 WIB, 5 mekanik perusahaan akan melakukan servis pada mesin pengolah kelapa sawit.



Selain servis, kelima mekanik ini juga melakukan pembersihan alat yang diduga menghambat kerja pada mesin tersebut. Sebab alat ini sudah 1 bulan terakhir tidak berfungsi. Saat itu salah satu mekanik melakukan pembersihan pada elevator dan juga melakukan pengelasan pada mesin plat body. Dan saat itu beberapa mekanik ada yang melakukan pengelasan pada body mesin tersebut.



Kemungkinan, lantaran percikan api las sehingga menyambar sisa-sisa kotoran serabut kelapa sawit dan mengakibatkan mesin tersebut kebakar. Akibatnya api langsung menyambar ke berbagai ruang yang ada di tempat mesin tersebut, bodi mesin sepanjang sekitar 20 meter ini pun terbakar. Saat itu kelima mekanik berusaha memadamkan dengan alat pemadam yang tidak jauh dari tempat bekerja, bahkan 2 unit Damkar Merangin diperbantukan ketempat tersebut.



Erwin salah satu mekanik perusahaan mengatakan, saat itu sedang melakukan pembersihan dan pengelasan pada timba-timba elevator yang sudah haus, sebab sebulan terakhir ini alat itu tidak berfungsi sama sekali. “Namun belum lama melakukan pengelasan tiba-tiba api langsung membesar, kami bahkan sempat panik dan meminta pertolongan. Untung api belum sempat menyambar gedung pabrik dengan bantuan pemadam kebakaran kami sekitar pukul 12.00 WIB berhasil memadamkan api,” katanya. Sementara itu, menurut Kapolres Merangin AKBP Hudit Wahyudi melalui Kasat Reskrim AKP Ujang Kusuma Winata membenarkan adanya kebakaran ini. “Setelah mendapat laporan kami langsung turun ke TKP untuk mengidentifikasi kejadian. Kami langsung memberikan police line. Bahkan beberapa saksi langsung kami mintai keterangan,” ungkap Ujang.



Masih menurut Kasat Reskrim Polres Merangin, saat ini pihaknya masih memfokuskan kepada human error. “Belum ada tanda-tanda unsur kesengajaan. Saat ini kami masih menyimpulkan karena ada faktor kesalahan dalam pekerjaan. Namun saat ini pihak kami masih melakukan penyelidikan terhadap kejadian kebakaran di PKS Graha ini,” jelas Kasat.(infojambi.com/DHA)



Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>